Strategyc Map atau Peta Strategi adalah proses lebih lanjut dalam penyusunan Balanced Scored card.  Setelah penetapan visi dan misi organisasi, selanjutnya secara kuantitatif visi dan misi tersebut harus diterjemahkan dalam langkah-langkah strategis organisasi.

Strategiyc Map atau Peta Strategi merupakan suatu dashboard (panel instrument) yang memetakan Sasaran Strategi (SS) organisasi dalam suatu kerangka hubungan sebab akibat yang menggambarkan keseluruhan perjalanan strategi organisasi.

Peta strategi memudahkan suatu organisasi untuk mengkomunikasikan keseluruhan strateginya kepada seluruh anggota organisasi dalam rangka pemahaman demi suksesnya pencapaian tujuan organisasi. Unit organisasi yang menyusun peta strategi adalah unit organisasi yang mendefinisikan visi dan misinya dengan jelas serta memiliki proses manajemen yang lengkap (input/sumber daya, proses internal, dan output/outcome).

Dalam Strategyc Map diuraikan hasil-hasil identifikasi sasaran strategi organisasi pada setiap perspektif finansial, customer, internal proses dan pertumbuhan & pembelajaran. Masing-masing sasaran strategi di gambarkan dalam bentuk balon-balon (bubble) yang saling berhubungan sebab akibat baik input-output maupun berupa income-outcome.

Sebagai gambaran, dibawah ini kami sajikan hasil penyusunan strategyc map dalam proses transformasi bisnis di Perum Perhutani.  Dalam strategyc map, diuraikan dengan jelas hubungan sebab akibat dan sasaran-sasaran yang telah ditetapkan Perhutani.

Dalam strategyc map di atas dapat dilihat sebuah visualisasi panel (dashboard) yang menampilkan 4 perspektif, bullet-bullet sasaran strategis pada setiap perspektif dan hubungan sebab akibat.  Dengan penggambaran sasaran strategis perusahaan tersebut diharapkan semua pihak dapat mengetahui akan kemana perusahaan diarahkan dan bagaimana sasaran / arah perusahaan tersebut akan dicapai.

Setelah pada tingkat corporate ditetapkan strategyc map yang akan dicapai, selanjutnya pada setiap level unit kerja juga harus melakukan “cascade”  atau menurunkan strategyc map corporate.  Pada level unit kerja yang lebih kecil, sasaran-sasaran strategis mesti harus lebih detail dari corporate, agar pula dalam pelaksanaannya lebih mudah diterapkan (aplicable) dan dapat tercapai (reachable).

Perum Perhutani Unit II, telah menyusun turunan strategyc Map corporate sebagai berikut :

Sedangkan untuk tingkat KPH dan KBM, hasil strategyc map sebagai berikut :

Sudah ada gambaran??? Jika sudah silakan anda pelajari hasil-hasil strategyc map dari tim transformasi bisnis unit untuk ada sesuaikan dengan kondisi dan sasaran lokal spesifik masing-masing unit kerja anda.